468x60 Ads

Media Komunikasi Antara Pendidik dan Wali Peserta Didik Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Hasil Pendidikan dan Menampung Seluruh Aspirasi Masyarakat Pendidikan di SD Negeri Simokerto 7 Surabaya

Kegiatan Remidi-Pengayaan Kelas VI

( Media komunikasi antar warga SDN Simokerto 7 Surabaya kali ini menyajikan informasi terkait dengan Kegiatan Remidi-Pengayaan Kelas VI ; Memberikan deskripsi salah satu pelaksanaan pendidikan berkarakter melalui Kegiatan Remidi-Pengayaan Kelas VI yang merupakan bentuk implementasi dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di samping berita terkait media pembelajaran yang digunakan dan makalah-makalah pendidikan. Kegiatan Remidi-Pengayaan Kelas VI di SDN Simokerto 7 Surabaya menerima saran dan kritik dari seluruh warga sekolah ).

Salah satu dari rangkaian kegiatan kelas akhir adalah Kegiatan Remidi-Pengayaan. Kegiatan Remidi - Pengayaan. Kegiatan remidi-pengayaan dilaksanakan setiap hari Selasa sampai dengan Kamis mulai bulan Agustus 2011 sampai dengan bulan April 2012 dipandu oleh Agus Pristiwanto, S.Pd dan Justinus Agus Nugroho, S.Pd. Kegiatan remidi-pengayaan ini dimaksudkan untuk lebih mempersiapkan lagi materi-materi ulangan mulai kelas IV dan persiapan menghadapi Ujian Nasional, sehingga pada pelaksanaannya kegiatan remidi-pengayaan ini sering disebut dengan kegiatan Pemantapan Materi UN.


PROGRAM KEGIATAN
PENINGKATAN MUTU CALON LULUSAN

KELAS VI SDN SIMOKERTO VII/140

  

I.    PENDAHULUAN

Sekolah Dasar adalah institusi untuk menanamkan dasar-dasar pendidikan dan keilmuan bagi anak usia antara enam tahun hingga tiga belas tahun dengan harapan agar dapat menerima atau memahami materi pendidikan tingkat lanjutan dan seterusnya ke depan. Untuk itu, pokok kegiatan yang harus dilaksanakan harus memenuhi standar penanaman tingkat dasar, seperti penguasan minimal tingkatan membaca, menulis dan menghitung.
Lulusan sekolah dasar merupakan citra hasil pendidikan selama enam tahun minimal atau lebih yang telah dipersiapkan sedemikian rupa untuk menghadapi tantangan-tantangan pembelajaran berikutnya. Program-program kegiatan dalam rangka meningkatkan mutu calon lulusan hendaknya berlandaskan pada pokok tujuan pembentukan karakter, dengan alas an, jika seorang anak sedari dini telah diarahkan kea rah yang benar, insya’ Allah ke depan akan menjalani proses menuju kedewasaan jauh lebih mudah.
Pentingnya pembentukan karakter anak sedari dini telah dilandaskan sejak dulu melalui teori tabularasa, yaitu teori yang mengatakan bahwa anak usia dini ibarat kertas putih dan lingkungan sekitarnya adalah tulisan-tulisan yang menghiasi kertas putih tersebut. Tulisan awal pada kertas putih itulah yang kami sebut sebagai pendidikan dasar.

II.   TUJUAN PROGRAM KEGIATAN

Dari paparan di atas dapat disusun tujuan program kegiatan peningkatan mutu calon lulusan di SDN Simokerto VII/140 sebagai berikut :
  1. Sebagai ajang peningkatan prestasi calon lulusan.
  2. Sebagai tolak ukur prestasi SDN Simokerto VII/140.
  3. Meningkatkan rasa kebersamaan serta menjalin persatuan dan kesatuan antar siswa kelas VI di SDN Simokerto VII/140.
  4. Peningkatan kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler.
  5. Sebagai piranti dalam pengenalan, penanaman dan menumbuhkan rasa ingin maju.
  6. Meningkatkan prestasi SDN Simokerto VII/140 di tingkat kecamatan dan untuk menuju peningkatan prestasi pada tingkat kota Surabaya, dan seterusnya.
  7. Persiapan untuk menghadapi ujian akhir berstandar nasional yang merupakan tolak ukur kelayakan bagi calon lulusan sekolah dasar.

III.  PROGRAM KEGIATAN

A.  Kelas VI

No

Bentuk Kegiatan
Teknis
Waktu
Anggaran
Ket
1
Tambahan waktu pembelajaran materi UASBN/ pengayaan materi.
·   Guru Kelas VI
Setiap Senin – Kamis
Rp.9.000.000
Insentif
2
Pembinaan siswa berprestasi sesuai bidang studi.
·   Idem
Tiap hari Jum’at
Rp.  200.000
Foto copy soal
3
Penyusunan rangking atau peringkat siswa berprestasi.
·   Idem
Setiap hari
-
-
4
Pembinaan berkelanjutan
·   Idem
Tiap hari Sabtu
-
-
5
Kegiatan lomba siswa kelas VI dalam nilai try out
·   Idem
Setiap hari
-
-





B.  Pembinaan Rohani

No

Bentuk Kegiatan
Teknis
Waktu
Anggaran
Ket
1
Kegiatan istighotsah di masjid
·   Guru PAI
Jum’at
-
-
2
Kegiatan pendidikan al-Qur’an
·   Guru PAI
Kamis
-
-


IV. SUSUNAN PEMBINA DAN PENDAMPING KEGIATAN

No

Nama
Jabatan
Bidang Kegiatan
Keterangan
1

Yitno Sugito, S.Pd

Pembina
PKn
Kepala Sekolah
2

Justinus A. N, S.Pd

Koordinator
Matematika
Guru Kelas IVA
3

Agus Pristiwanto, S.Pd

Pendamping
B. Indonesia
Guru Kelas IVB
4

Khairun Nisa’, S.Pdi

Pendamping
Pendidikan Agama
Guru PAI


V.  PENUTUP

Di halaman depan sudah diuraikan dengan jelas tentang tujuan penyusunan program kegiatan peningkatan mutu pendidikan SDN Simokerto VII/140. kegiatan yang bersifat kurikuler, intra kurikuler dan ekstra kurikuler di SDN Simokerto VII/140 perlu mendapat perhatian guna peningkatan kualitas dan sumber daya manusia (SDM). Program ini dapat tercapai dengan baik jika ada kesungguhan dan kerja sama dari semua pihak, baik segi moril, material maupun segi finansial. Oleh karena itu, kami berharap jika kita ingin berhasil dalam melaksanakan kegiatan, maka kita harus konsisten dengan program yang kita susun.

0 komentar:

Poskan Komentar