468x60 Ads

Media Komunikasi Antara Pendidik dan Wali Peserta Didik Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Hasil Pendidikan dan Menampung Seluruh Aspirasi Masyarakat Pendidikan di SD Negeri Simokerto 7 Surabaya

Kegiatan-kegiatan Kelas Akhir SDN Simokerto 7 Surabaya

( Media komunikasi antar warga SDN Simokerto 7 Surabaya kali ini menyajikan informasi terkait dengan Kegiatan-kegiatan Kelas Akhir SDN Simokerto 7 Surabaya ; Memberikan deskripsi salah satu pelaksanaan pendidikan berkarakter melalui Kegiatan-kegiatan Kelas Akhir SDN Simokerto 7 Surabaya yang merupakan bentuk implementasi dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di samping berita terkait media pembelajaran yang digunakan dan makalah-makalah pendidikan. Kegiatan-kegiatan Kelas Akhir SDN Simokerto 7 Surabaya di SDN Simokerto 7 Surabaya menerima saran dan kritik dari seluruh warga sekolah ).

Alumnus adalah citra hasil pendidikan sebuah lembaga atau institusi sehingga menentukan berhasil atau tidaknya sebuah institusi melaksanakan programnya. Oleh karena itu, untuk mencetak alumnus yang bermutu sangat dibutuhkan intensifitas pendidikan khususnya menjelang akhir dari rangkaian pendidikan dan program pembelajaran, yaitu pada masa kelas akhir atau kelas VI di Sekolah Dasar.
SDN Simokerto 7 Surabaya telah melaksanakan berbagai macam kegiatan-kegiatan penunjang dan peningkatan mutu kelas VI sejak dahulu, dan pada tahun ajaran 2011/2012 ini beberapa kegiatan kelas akhir yang dilaksanakan antara lain :

  1. Kegiatan Istighotsah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk lebih memantapkan batin siswa agar selalu tunduk kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan lebih memiliki ketenangan, khususnya pada saat-saat menjelang pelaksanaan rangkaian Ujian mulai bulan Pebruari sampai dengan Mei 2012. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum'at mulai bulan April 2012 di Masjid yang dipimpin langsung oleh Khairun Nisa', S.PdI.
  2. Kegiatan Remidi - Pengayaan. Kegiatan remidi-pengayaan dilaksanakan setiap hari Selasa sampai dengan Kamis mulai bulan Agustus 2011 sampai dengan bulan April 2012 dipandu oleh Agus Pristiwanto, S.Pd dan Justinus Agus Nugroho, S.Pd. Kegiatan remidi-pengayaan ini dimaksudkan untuk lebih mempersiapkan lagi materi-materi ulangan mulai kelas IV dan persiapan menghadapi Ujian Nasional, sehingga pada pelaksanaannya kegiatan remidi-pengayaan ini sering disebut dengan kegiatan Pemantapan Materi UN.
  3. Kegiatan Kecakapan Hidup. Kegiatan ini secara lebih khusus ditujukan untuk mempersiapkan skill dan keterampilan bagi siswa kelas VI yang terdiri dari 2 macam kegiatan yaitu peningkatan skill bahasa Inggris yang dipandu oleh Fajar Noviyanto, S.Pd dan peningkatan keterampilan IT yang dipandu oleh Putri Dimitra Novita.
  4. Kegiatan Try Out UN. Kegiatan ini dilaksanakan secara internal dan eksternal. Kegiatan Try Out UN internal yang dilaksanakan adalah Try Out Sekolah (5 tahap), Try Out Kecamatan (2 tahap) dan Try Out Kota (2 tahap) total pelaksanaan 9 tahap yang seluruhnya Gratis (karena dibiayai BOS). Sedangkan kegiatan Try Out UN eksternal yang dilaksanakan bekerja sama dengan lembaga lainnya.
  5. Kegiatan Ujian Akhir. Kegiatan ini meliputi serangkaian ujian teori dan praktek yang dilaksanakan mulai bulan Pebruari sampai dengan bulan Mei 2012, antara lain; Ulangan Umum Bersama (UTS I Semester I), Ujian Praktek Akhir, Ujian Sekolah Dasat Tahun 2012, dan Ujian Nasional. Nilai daripada beberapa ujian tersebut dikomulatifkan pada program DKN sebagai dasar dan pertimbangan kelulusan siswa.

Semoga semua kegiatan yang bertujuan baik dapat berjalan lancar sesuai dengan ridho Allah Swt. Amien...

0 komentar:

Posting Komentar